Owa Jawa, Kera Tanpa Ekor yang Lincah dan Setia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

INDOZONE.ID – Spesies kera tanpa ekor dengan rambut berwarna abu-abu ini bernama Owa Jawa. Gerak tubuh hewan primata yang satu ini cukup lincah berayun dan berpindah ke ranting-ranting pohon. Itu karena bodi tubuhnya yang relatif kecil langsing dan gesit dibandingkan jenis kera lainnya.

Owa Jawa (Hylobates moloch) termasuk dalam suku Hylobatidae yang tersebar secara terbatas sebagai hewan endemik di daerah Jawa Barat dan sebagian di Jawa Tengah.

Uniknya lagi Owa Jawa adalah hewan yang bersifat monogami yang setia pada pasangannya. Mereka suka sekali hidup bersama keluarganya yang sebagian besar hidupnya mereka habiskan di atas pohon. Salah satu kebiasaan khas Owa Jawa adalah mengeluarkan suara-suara khas mereka layaknya nyanyian pada pagi hari saat memulai aktifitasnya.

Sayangnya, diperkirakan populasi Owa Jawa hanya tinggal 4.000 ekor yang masih tersisa di alam liar.

Artikel ini telah tayang di Indozone.id dengan judul “Owa Jawa, Kera Tanpa Ekor yang Lincah dan Setia “, https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/6gsBxW/owa-jawa-kera-tanpa-ekor-yang-lincah-dan-setia/read-all.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email

Tulisan terkait

Owa Jawa tinggal 4.000 individu!

Hilangnya habitat merupakan ancaman terbesar bagi populasi Owa Jawa di alam. Hal ini semakin diperparah dengan maraknya perburuan dan perdagangan bayi Owa Jawa untuk dijadikan peliharaan.